Kamis, 05 Februari 2015

Latihan Hadroh CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga 2014

Salah satu kegiatan rutinan yang diadakan divisi PSDM adalah pelatihan seni hadrah. Pelatihan seni hadrah ini dikoordinatori oleh saudari Ibrizatul Ulya dan Muhammad Asna Mafaza.Menurut progam kerja yang disusun oleh pengurus PSDM pada awal tahun kepengurusan, kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan secara rutinan dua kali dalam sebulan.
Untuk masalah pelatihan, awalnya dilaksanakan di pondok masing- masing. yakni di an-Najwah untuk tim putri, di LSQ dan al-Muhsin untuk tim putra. Namun, setelah itu pelatihan hadrah tersebut dilaksanakan secara gabungan baik putra maupun putri yang bertempat di sekretariat CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga. Sehingga terbentuklah tim gabungan tersebut.dan pelatihan di sekretariat CSS tersebut tercatat sebanyak 9 kali latihan. Dengan latihan itu tim hadroh bisa menunjukkan kebolehannya dalam acara Seminar Internasional dengan tema “Multi-Perspective Contemporary Approaches on Hadith“ yang terselenggarakan di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Dalam pelaksanaan latihan, kegiatan ini memang mengalami banyak hambatan, salah satunya masalah transportasi dan tempat. Namun pada akhirnya kegiatan ini dilaksanakan di pondok pesantren masing-masing tempat para anggota tinggal sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Walaupun begitu, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.
Untuk masalah pelatihan, awalnya dilaksanakan di pondok masing- masing . yakni di an-Najwah untuk tim putri, di LSQ dan al-Muhsin untuk tim putra. Namun, setelah itu pelatihan hadrah tersebut dilaksanakan secara gabungan baik putra maupun putri yang bertempatdi sekretariat CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga. Sehingga terbentuklah tim gabungan tersebut.dan pelatihan di sekretariat CSS tersebut tercatat sebanyak 9 kali latihan. Dengan latihan itu tim hadroh bisa menunjukkan kebolehannya dalam acara Seminar Internasional dengan tema “Multi-Perspective Contemporary Approacheson Hadith“ yang terselenggarakan di Convension Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


    Hambatan :
  1. Sulitnya mencari waktu yang tepat untuk mengadakan latihan karena padatnya jadwal yang ada dipondok dengan jadwal kuliah
  2. Faktor Pendukung :
  3. Anggota CSS yang mengikuti pelatihan hadrah sangat bersemangat meskipun terkendala jarak yang jauh.
  4. Saran :
  5. Meningkatkan kemampuan anggota supayaskill mereka lebih terasah dan semakin profesional dalam berhadrah.
            

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar