Senin, 25 Juli 2016

24 Mahasiswa KKN Angkatan 90 Diterjunkan


Hari ini (25/7), 24 mahasiswa Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) UIN Sunan Kalijaga angkatan 2013 terjun ke beberapa daerah dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka tergabung dalam kelompok KKN angkatan 90 yang berisikan 1.506 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dari semua fakultas. Berdasarkan jadwal, KKN mereka akan berakhir pada 25 agustus 2016 nanti.

24 mahasiswa tersebut ditempatkan di 5 kecamatan yang berbeda. Adapun rinciannya, 1 orang di Imogiri, 7 orang di Pakem, 5 orang di Turi, 7 orang di Saptosari, dan 4 orang di Panggang. Sebelumnya 8 orang teman mereka telah terjun terlebih dahulu lantaran termasuk dalam KKN angkatan 89.

Pengelompokkan lokasi KKN itu dibagi berdasarkan urutan mahasiswa yang mendaftarkan diri ke Sistem Informasi Akademik (SIA). "Juga dibedakan sesuai dengan jurusan dan fakultasnya," ujar Azhari, salah satu mahasiswa PBSB peserta KKN angkatan 90.

Pria asal Sumatera Selatan tersebut menambahkan, dia merasa cocok dengan lokasi KKN-nya. "Warganya ramah sekali, meski di sisi lain saya tetap harus beradaptasi," terangnya.

Sebagaimana Azhari, Aliyatur Rofi'ah juga merasa cocok dengan lokasi KKN-nya. Hanya saja dia merasa sedikit kebingungan. "Daerahnya sudah maju dan keadaan ekonominya sudah baik. Jadi malah bingung harus bantu di mana," ungkapnya.

Tujuan dari KKN sendiri adalah untuk merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. KKN dapat diartikan sebagai salah satu bentuk pengintegrasian, pengabdian, dan penelitian pada masyarakat yang dilaksanakan secara interdisipliner kurikuler. Demikian yang tercantum dalam buku panduan KKN UIN Sunan Kalijaga.

Reaksi:

1 komentar: