Minggu, 18 Desember 2016

Follow up Kaderisasi


Pagi ini (18/12), CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan follow up kaderisasi keduanya. Bertempat di hutan pinus kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa PBSB UIN Sunan Kalijaga angkatan 2016. Tema dari follow up kali ini adalah administrasi dan persidangan.
Setelah sampai di lokasi pada 09.45 wib, setengah jam kemudian acara dimulai. Pembicaranya adalah Marwah, sekretaris CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga masa bakti 2016-2017. Dia ditemani oleh Maulana Ikhsanun Karim, moderator kegiatan itu.
Ikhsan (panggilan akrab Maulana Ikhsanun Karim) membuka acara tersebut dengan pembacaan basmalah. Setelah memberikan sedikit pengantar, mahasiswa asal Purbalingga tersebut mempersilahkan Marwah untuk memulai penjelasannya. “Sebelum kita masuk ke bagian inti, tolong tulis di kertas, menurut kalian apa itu administrasi,” ujarnya mengawali perbincangan.
Acara berjalan dengan begitu lancar. Dengan sistem diskusi perempuan asal Sulawesi tersebut memasukkan pemahaman tentang tema kepada para peserta. Sesekali pertanyaan dilontarkan untuk memancing pikiran mereka.
Selain diskusi, Marwah juga memberikan sedikit contoh praktek khususnya tentang persidangan. Salah satu dari peserta ditunjuk secara acak untuk menjadi pimpinan sidang. Sedangkan Ikhsan berperan sebagai pihak yang menyampaikan laporan pertanggung jawaban (LPJ).
“Yang kita lakukan barusan hanya contoh kecil saja. Nanti ketika di lapangan kalian akan bertemu dengan situasi yang jauh lebih panas. Maka dari itu dalam follow up ini kalian dibimbing agar dapat menghadapinya dengan baik,” jelas Marwah.
Setelah pematerian selesai, para peserta diberikan sedikit permainan. Farid Abdillah selaku salah satu panitia memimpin jalannya game tersebut. “Sekarang coba berhitung sampai lima,” ujarnya tatkala hendak membagi para peserta menjadi beberapa kelompok.
Permainan berjalan seru. Gelak tawa terlontarkan dari bibir mereka. Akhirnya pada pukul 13.10 wib game berakhir. Farid memberitahukan tentang follow up selanjutnya sekaligus menutup acara secara keseluruhan.
“Setelah ini kita salat, kemudian terserah kalian mau keliling ke mana, baru nanti kita pulang,” terang Mahasiswa PBSB UIN Sunan Kalijaga angktan 2015 tersebut. Para peserta dan panita pun berpencar hingga akhirnya pulang bersama dua jam setelahnya.(bsr)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar