Minggu, 18 Desember 2016

Nasehat Abah Somad



Nasehat Abah Somad
Oleh: Hendriyan Rayhan
CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


“Assalamualaikum, bah”, ucap tiga remaja itu serentak sambil meraih tangan Abah Somad yang sedang melamun di warung miliknya.
“Wa’alaikumsalam, girang banget ente pade nih hari, ada ape nih?”, jawab Abah Somad sambil menerima jabat tangan mereka satu per satu.
“Lah, dari pada Abah ngelamun aje sendirian di mari”,  kata Madun yang memang suka ceplas ceplos.
“Hush, jangan songong ente Dun”, Gugun menasehati.
“Muhun, ngga bagus itu”, sambung Asep dengan gayanya yang lembut.
“Udeh pada duduk dah ente pada. Baru dateng udah bedebat aje. Makan goreng pisang tuh mumpung masih anget”, Abah Somad menengahi.
Begitulah kejadian yang sering terjadi pada mereka. Abah Somad, kakek tua pemilik warung kecil yang menjual makanan ringan di samping pesantren itu memang menjadi favorit santri putra ketika jam istirahat. Selain guyonan ala Betawi yang sering menghibur pelanggannya, kadang Beliau juga cukup menjengkelkan. Namun, tak jarang kata-kata hikmah penuh makna keluar dari lisannya. Ketiga santri itu, Madun, Gugun dan Asep, adalah sahabat karib yang juga sangat dekat dengan Abah Somad, bahkan Abah Somad menganggap mereka seperti cucu sendiri.
“Sebenernya abah ngapa bengong aje tadi, bah”, tanya Madun yang masih penasaran.
“Hemmmh”, Abah Somad hanya menghela napas.
“Ouuuh”, Asep merespon seolah paham.
Lalu Madun dan Gugun saling berpandangan kebingungan.
“Ngarti?”, tanya madun kepada Gugun.
“Kagak”,  jawab Gugun.
“Hahahaha.....”, mereka pun bersama-sama menertawai kebodohan mereka. Ya, begitulah model komunikasi diantara mereka. Seringkali ada santri lain yang menganggap mereka kumpulan orang-orang aneh. Bahkan, ketika mereka berkumpul seperti ini, ada yang menyebutnya ‘Majelis Ngawuriyah’. Tak jarang mereka menertawakan sesuatu yang menurut orang lain tidak lucu.
“hehe... udeh udeh, ente dateng kemari sedih ane jadi rada ilang nih”, kata Abah Somad sambil membetulkan kopiahnya.
“betewe, sedih kunaon, Bah”, tanya Asep dengan logat sundanya.
“Ntu, ngeliatin di tipi orang pada debat mulu, kaya kaga ada kerjaan aje”, kata abah Somad.
“Ya kali aje emang itu kerjaan mereka, Bah”, kata Madun spontan.
“Et dah ente ada ada aje, pegimana ceritanye debat jadi kerjaan. Husnudzan aje, alo debat buat nyari kebenaran kan ngga apa-apa. Asalkan bukan buat nyari pembenaran, apalagi ngejatohin pihak lawan”, sanggah Gugun yang memang paling alim diantara tiga santri itu.
“Adem kalo ustadz ngomong ya”, kata Asep sambil tersenyum.
“Apalagi kalo ente yang jadi ustadz, Sep. Makin adem dah, bikin pules tidur kalo ente ngomong”, kata Madun dengan nada meledek.
“Hadeuh, ulah kitu atuuh”,tukas Asep.
“Hemm.. Abah juga paham itu, Gun. Tapi nyatanya kebanyakan kan ngga gitu. Apalagi kalo udah debat kusir, udah ngawur kemana-mana dah tuh. Bahkan bisa jadi saling menghina, saling menghujat, sampe saling fitnah”, Abah Somad menjelaskan.
“Cakep...”, Madun memotong.
“Et dah, ente kira lagi nonton Lenong”, Gugun menimpali.
“Hush... serius ieu”, kata Asep.
“Tadi Subuh Abah denger ceramah di radio ngebahas tentang debat. Katanye dijamin surga bagi orang yang ninggalin debat. Ya, maksudnye debat yang udah kaga sehat, yang kagak ada ujungnye”, Bah Somad melanjutkan.
“Jadi kita harus diam saja gitu, Bah”, Asep menyanggah.
“Kalo diem aje kita ya kita bakal ditindas, dong. Kebenaran kan kudu diperjuangin”, Madun lebih serius dari biasanya.
“Cakep” kata Abah Somad mengikuti gaya Madun tadi.
“Ada kalanye kite kudu bertindak, ada kalanye kite kudu diem buat cari celah di laen waktu”, Gugun berusaha menengahi.
“Nah, bener tuh kata Gugun. Selama debat itu terkontrol, ya sah sah aje. Ngeluarin alesan-alesan yang masuk akal. Niatin buat cari yang bener. Bukan malah bikin saling bermusuhan”, Abah Somad melanjutkan penjelasannya.
“Oh, jadi aslina mah debat teh boleh gitu, ya? Selama niatnya bagus tujuannya lurus. Tapi kalo udah melenceng dari itu, yah jangan diteruskan lagi. Bukan dapet manfaat, yang ada malah madharat, betul tidak?” kata Asep yang akhirnya disambut senyum Abah Somad, Madun dan Gugun karena nadanya mirip salah seorang da’i asal Bandung.
“Iye, kaya kita ini, dari tadi kan kite rada rada debat juga. Nah, pas mulai memanas ya diademin lagi”, Abah Somad menimpali.
“Lah iya ya”, tukas Madun.

Akhirnya mereka tertawa lepas. Tak lama kemudian adzan Ashar berkumandang dari Masjid pesantren. Mereka pun bersama-sama menuju Masjid. Abah Somad memang dikenal rajin melaksanakan shalat berjamaah di Masjid. Itu jugalah yang membuat banyak santri menganggapnya ‘guru spiritual’, meskipun Beliau tidak terlalu menonjol dalam hal keilmuan. Akan tetapi ketulusan hati serta keluhuran budi pekerti membuatnya disegani. Beberapa guru pesantren pun terkadang mendatangi Abah Somad untuk sekedar curhat atau meminta nasihat. Sekian.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar