Rabu, 07 Desember 2016

Pelatihan Jurnalistik 6/12

Kemaren (6/12), Departemen Jurnalistik CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan bincang jurnalistik. Kegiatan rutin bulanan itu dilaksanakan di gedung Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam lantai empat sayap barat. Adapun pemateri pada acara tersebut adalah David Syamsuddin, alumni CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Angkatan 2009.
Pada pukul 13.15 WIB, Anshori selaku moderator membuka acara tersebut. Tema diskusi siang itu adalah Teknik dan Taktik Wawancara. Sebelum pemateri menyampaikan paparannya, moderator terlebih dahulu memberikan sedikit pengantar tentang tema di atas.
Diskusipun dimulai, pemateri yang notabene telah memiliki pengalaman panjang dalam dunia jurnalistik memaparkan hal-hal penting pada saat wawancara. Para peserta yang terdiri dari anggota SARUNG dan anggota aktif CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga lainnya mendengarkan penjelasan pemateri dengan seksama.
Meski cuaca dingin akibat guyuran hujan deras, diskusi tetap dapat berjalan dengan lancar. Beberapa peserta mengajukan beberapa pertanyaan seputar tema kepada pemateri. "Sebenarnya pertanyaan yes/no itu mempersulit diri dengan pertanyaan yang sia-sia." Ujar pemateri ketika menjawab salah satu pertanyaan peserta.
"Narasumber itu macam-macam, ada yang alasan dulu baru baru sikap, ada juga yang sikap dulu baru alasan" jelas santri asal Situbondo tersebut saat menjawab pertanyaan lain. Setelah dianggap cukup, diskusi diakhirinpada 14.28 WIB oleh moderator dengan pembacaan doa. (bsr)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar