Minggu, 18 Desember 2016

Sima`an Akbar CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga



 Senin (12/12/2016) CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Sima`an Akbar dalam rangka memperingati hari lahir CSSMoRA yang ke-9. Segenap anggota aktif PBSB UIN Sunan Kalijaga menghadirinya baik sebagai peserta atau pembaca bi al-nadzar. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan di Masjid Rahmatan Lil `Alamin, Banguntapan Bantul.
Pukul 09.20 WIB acara tersebut dimulai. Dian Aulia Nengrum selaku pembawa acara membukanya dengan pembacaan surah al-Fatihah. Dengan mengenakan kerudung merah, mahasiswi  asal Lamongan itu memimpin jalannya acara dari awal sampai akhir.
Usai pembukaan, dilanjutkan dengan acara utama, yakni sima`an. Panitia mengkoordinir para peserta untuk berkumpul dengan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya. “Bagi teman-teman monggo langsung berkumpul dengan kelompoknya masing-masing.” Ujar Mu`adz salah satu panitia.
Begitu seluruh kelompok telah berkumpul dengan rapi, sima`an dimulai. Masing-masing peserta membaca bagiannya secara bergilir sesuai dengan urutannya. Adapun yang membaca dengan pengeras suara adalah Ali Imron dkk., mereka mendapatkan bagian untuk membaca juz 9-10.
Setelah semua peserta menuntaskan bagiannya, Dr. H. Abdul Mustaqim menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan beberapa hal atas nama Badan Pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga. “Sima`an ini kan merupakan salah satu bentuk dari Living Qur`an.” Ungkap pengasuh LSQ Ar-Rohmah tersebut ditengah-tengah sambutannya.
Memasuki waktu Dzuhur, segenap peserta sima`an (kecuali yang berhalangan) melaksanakan shalat berjamaah. Bapak Mustaqim sebagai imamnya. Terlihat hampir seluruh shaf di masjid itu terpenuhi oleh para santri yang berasal dari berbagai penjuru negeri tersebut.
Sebelum acara ditutup, diadakan prosesi pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng tersebut dilakukan sebagai symbol pembukaan acara Semarak Santri Nusantara (SERSANTARA) yang akan dilaksanakan hingga dua bulan kedepan. “Dengan pemotongan tumpeng ini rangkaian acara SERSANTARA resmi dibuka.” Tutur Luqman Hakim, ketua CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga periode 2016-2017 seraya mengayunkan centongnya.(bsr)      

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar