Sabtu, 20 Mei 2017

SEJARAH TERULANG, MELATI TERPILIH MENJADI KETUA UMUM

Melati saat samutan sebagai ketua terpilih

Yogyakarta, cssmorauinsuka.net - CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan “Musyawarah Besar dan Pemilihan Umum 2017” pada Sabtu (20/5). Setelah melewati proses pemungutan suara, akhirnya Melati Ismaila Rafi’i terpiilih sebagai ketua umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga periode 2017-2018. Dari 106 suara yang sah, 51 suara diraih Melati sebagai kandidat nomor satu. Selainnya 20 suara diraih Sholahuddin Zamzambela dari kandidat nomor dua dan 35 suara diraih Muhammad Wahyudi dari kandidat nomor tiga.
Kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) dan Pemilihan Umum (Pemilu) kali ini mengambil tema  “Gerakan Internalisasi melalui Pesta Demokrasi”. Luqman Hakim selaku ketua umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga periode 2016-2017 dalam sambutannya mengatakan bahwa tema ini disesuaikan dengan GBHO (Garis-garis Besar Haluan Organisasi) CSSMoRA tahun ini. Sebelum pemilihan umum, rangkaian kegiatan ini diawali dengan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dari Pengurus CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga periode 2016-2017. 
“Ada program yang menurut pengurus sudah maksimal, ternyata bagi anggota itu belum berhasil. Nah, tujuan LPJ itu untuk menyamakan persepsi  antara pengurus da anggota lainnya”, tegas Luqman saat sambutan pada kegiatan yang diselenggarakan di Balai RW Serbaguna Sapen tersebut.
Pada kesempatan tersebut, Annas Rolli Muchlisin juga hadir selaku Ketua Umum CSSMoRA Nasional. Ia menegaskan agar Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dijadikan sebagai tolok ukur dan pijakan untuk pengurus selanjutnya.
“Yang kemaren kampanye sampe ada yang baperan. Habis ini kita salam-salaman ya, yang lalu biarlah berlalu”, kata Annas saat sambutan.
Pemaparan LPJ dilakukan mulai dari Badan Pengurus Harian (BPH), Departemen Pengabdian Pondok Pesantren dan Masyarakat (P3M), Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Departemen Jurnalistik (DJ), Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Departemen Pengembangan Sumber Daya Ekonomi (PSDE) hingga Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Setelah proses panjang evaluasi dan pembahasan bersama anggota, lalu LPJ diterima dengan beberapa syarat yang diajukan masing-masing perwakilan angkatan.
Setelah LPJ, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) CSSMoRA periode ini. Selain Annas, sosialisasi itu juga dilakukan bersama Marwah selaku Sekretaris 1 CSSMoRA Nasional. Annas juga memberi penjelasan terkait GBHO tahap VI untuk tahun 2017 hingga 2019 yang berisi “Mengoptimalkan persatuan internal CSSMoRA melalui pemberdayaan anggota aktif dan pasif guna memperkuat eksternalisasi”.
“Penguatan internal tersebut diterapkan dalam tiga ranah. Pertama, penguatan anggota aktif di tiap PTN, yang ini kan kita semua. Kedua, perangkulan anggota pasif dengan membentuk jejaring alumni PBSB. Ketiga, penguatan persatuan antar-PTN dengan membudayakan saling mengunjungi PTN lain terdekat. Nah, seperti sekarang ini kan ada teman-teman dari UGM juga yang hadir”, papar Annas.
Usai sosialisasi AD/ART, barulah beranjak ke acara Pemilihan Ketua Umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga periode 2017-2018. Acara dimulai dengan pemaparan visi misi dari masing- masing calon dan debat kandidat. Selanjutnya ada sesi pertanyaan dari penguji khusus, yaitu Annas (Ketua Umum CSSMoRA Nasional periode 2017-2018), Moh Kamil Anwar (Sekretaris CSSMoRA Nasional periode 2016-2017), Lukman Hakim (Ketua Umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga periode 2015-2016) dan Luqman Hakim (Ketua Umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga perode 2016-2017). Barulah setelah itu diadakan pemungutan suara.
Foto bersama
Lalu, sejarah kembali terulang dalam estafet kepemimpinan CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga. Melati Ismaila Rafi’i sebagai satu-satunya kandidat perempuan berhasil mengungguli dua kandidat lain. Dalam sejarahnya, Lailia Muyasaroh juga pernah menjadi perempaun pertama yang memimpin CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga pada periode 2013-2014.
“Terimakasih atas kepercayaannya. Saya bukan yang terbaik diantara kalian. Saya hanya harus memiliki kaki dan tangan yang lebih kuat untuk kalian. Tanpa kalian, saya bukan apa-apa”, tukas Melati saat sambutan sebagai ketua terpilih. (Ray)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar