Minggu, 22 Oktober 2017

Indonesia Cinta Santri

Oleh: Febrian Chandra*

             Berbicara kemerdekaan Indonesia tentu tidak bisa terlepas hubungannya dengan santri. Diakui maupun tidak, santri merupakan salah satu komponen penting yang mempunyai andil besar dalam upaya perjuangan dan penjagaan kemerdakaan Indonesia. Bahkan, dapat dikatakan bahwa santri merupakan faktor utama penjaga kemerdekaan Indonesia selain TNI. Jika kemerdekaan Indonesia diperingati, maka tidak ada salahnya jika Hari Santri juga diadakan.
            Alasan yang mendasari pemilihan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri adalah karena persitiwa resolusi jihad yang dilakukan oleh para ulama dan kyai kepada seluruh umat Islam bahwa wajib membela kemerdekaan negara dengan memerangi penjajah yang ingin menguasai kembali Indonesia. Akhirnya terjadilah peristiwa pertempuran dahsyat di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Dan upaya ini membuahkan hasil dengan sempurna sehingga kemerdekaan berhasil dipertahankan.
            Melalui pidatonya di Masjid Istiqlal pada tanggal 22 Oktober 2015, Presiden Joko Widodo  dengan resmi menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan ini disambut antusias oleh mayoritas umat Islam, terlebih lagi para santriwan dan santriwati. Ini merupakan salah satu apresiasi pemerintah terhadap santri yang mengerahkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan tanah air tercinta.
            Selain itu, eksistensi santri lebih hidup dan terlihat dengan ditetapkannya Hari Santri ini. Santri yang selama ini dianggap sebagai kelompok sarungan dan tradisionalis ternyata mempunyai peranan yang vital dalam sejarah Indonesia. Kemudian dengan ini diharapkan santri selalu meningkatkan dan memperbaiki prestasi dan kemampuannya. Sehingga ke depannya santri bisa unggul dan tidak tertinggal oleh zaman yang semakin modern ini.
            Bahkan Presiden Joko Widodo memiliki sebuah wacana untuk melantik seorang menteri yang mengurusi khusus di bidang santri dan pesantren. Dengan begitu santri bisa lebih mendapat perhatian dari pemerintah. Namun perlu pertimbangan yang banyak bagi sang presiden. Tapi pada dasarnya santri sudah lebih mendapatkan perhatian dari pemerintah dari pada sebelumnya. Sehingga bisa memudahkan santri dalam pengembangan keilmuan dan kemampuan yang pada akhirnya bisa berkarya untuk agama dan bangsa serta pengembangan dunia kepesantrenan sendiri yang semakin dinamis dalam mengikuti perkembangan zaman.

            Penetapan Hari Santri ini merupakan cerminan bahwa Indonesia mencintai dan menghargai peran santri dalam perjuangan demi kemerdekaan bumi pertiwi dari belenggu penjajah. Sudah sepatutnya sebagai seorang santri mempunyai kebanggaan sendiri dalam dirinya disebabkan membawa sebuah sebutan yang mulia yaitu santri. Sebutan sakral yang hanya ada di bumi pertiwi tercinta ini.


*Kader SARUNG

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar