Kamis, 14 Desember 2017

PBSB UIN Sunan Kalijaga Dalami Indepth News

PBSB UIN Sunan Kalijaga Dalami Indepth News


Rabu lalu (13/12), CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga kembali menyelenggarakan Bincang Jurnalistik. Kegiatan yang termasuk Program Kerja Departemen Jurnalistik tersebut dilaksanakan di lembah kampus. Acara berlangsung selama satu setengah jam lebih, dari pukul 08.15 WIB sampai sekitar pukul 10.00 WIB.
Bincang kemarin merupakan yang kedua dari empat pelaksanaan sesuai perencanaan. Adapun materi yang dibahas ialah Indepth News. Pematerinya adalah Wulan Agustina, salah seorang redaktur Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Arena.
Sebanyak duapuluh peserta hadir pada kegiatan tersebut. Uniknya, Annas Rolli Muchlisin (Ketua CSSMoRA Nasional) dan Melati Ismaila Rafi’i (Ketua CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga) turut berpartisipasi di dalamnya. Hendriyan Rayhan selaku moderator memimpin berjalannya acara dari awal hingga akhir.
Kendati membahas tentang Indepth News, Wulan tidak monoton mengulas tentang tata cara penulisannya. Dia juga memberi selingan pembahasan tentang kode etik jurnalistik yang sangat penting untuk diketahui oleh para jurnalis. “Jadi yang kita sampaikan bukanlah kebenaran filosofis, melainkan kebenaran fungsional,” ujarnya.
Mahasiswa Fakultas Dakwah tersebut menambahkan, jurnalis harus berusaha seobjektif mungkin dalam menyajikan berita. Jangan sampai ada opini penulis tercantum di dalamnya. “Hindari penggunakan kata semisal banyak dan cantik. Karena memang tidak ada takaran yang pas dalam hal tersebut,” tegasnya.

Acara berjalan dengan tidak formal atau santai. Kegiatan tersebut mendapat respon baik dari para peserta, salah satunya Annas. “Selain diajarkan untuk bersikap kritis, kita juga diajarkan agar mampu melihat suatu persoalan secara holistik dengan melihat fakta-fakta yang ada,” ungkapnya.(bsr)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar