Rabu, 10 Januari 2018

Pupuk Persatuan, CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Gelar Rihlah Alamiah

CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga kembali melaksanakan kegiatan bersama, yaitu Rihlah Alamiah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota aktif CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga mulai angkatan 2014 sampai 2017. Acara tersebut dimulai pada Sabtu-Ahad (6-7/1) di Desa Wisata Pulesari, Sleman, DIY. Ini merupakan salah satu kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan pasca Ujian Akhir Semester (UAS) Gasal. Turut hadir pula pengelola Program Besiswa Santri Berprestasi (PBSB), Dr Abdul Mustaqim  dan Dr Syaifudin Zuhri Qudsy beserta keluarga.
            Rihlah tahun ini bertemakan Tanam Kebersamaan, Pupuk Persatuan, Hasilkan Persaudaraan dengan orientasi agar semua anggota CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga bisa lebih mengenal dan akrab satu sama lain, terutama angkatan yang termuda yaitu 2017. Dengan acara ini diharapkan semua anggota CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga yang aktif bisa berinteraksi dengan lainnya dan tentunya memupuk ikatan kekeluargaan dalam keluarga CSSMoRA. Begitupun dengan tujuan refreshing pasca menjalani ujian akhir semester (UAS) sekaligus liburan bersama.
            Salah satu alasan mengapa memilih Desa Wisata Pulesari sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini adalah karena memang suasananya yanga asri dan sejuk. Juga didukung dengan berbagai adrenalin yang mendukung kegiatan ini sehingga cocok dipakai. Juga menjadi catatan tersendiri bahwa Desa Wisata Pulesari ini diresmikan langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 9 November 2013. Begitupun tempatnya yang tak pernah sepi dari pengunjung, terlebih di waktu-waktu tertentu, misalnya liburan sekolah. Menurut salah satu pengelola Desa Wisata Pulesari, semenjak diresmikan tahun 2013, tempat tersebut tak pernah sepi dari pengunjung.
“Setelah diresmikan tahun 2013, tempat ini tak pernah sepi pengunjung, minimal lima kelompok yang datang setiap hari,” kata salah satu pengelola. Maka tak salah, jika Pulesari dijadikan tempat dalam berlangsungnya acara ini.
            Acara ini diawali dengan hadrah dari anggota CSSMoRA sebagai pra acara. Lalu dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan-sambutan dari berbagai pihak. Seperti dari pengelola desa wisata Pulesari, kemudian pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga dan yang terakhir sambutan dari ketua panitia yakni saudara Ahmad Mushawwir. Acara selanjutnya yakni pembagian kelompok yang dilanjut dengan game dan acara api unggun. Dalam kegiatan api unggun ini semua anggota melingkar mengelilingi api unggun dan bernyanyi bersama yang diharapkan agar keakraban bisa terjalin dari seluruh anggota. Kemudian seluruh anggota diperbolehkan kembali ke homestay masing-masing untuk istirahat agar esok hari bisa mengikuti kegiatan kembali.
Pagi harinya, kegiatan kembali dilaksanakan. Diawali dengan senam pagi yang mana dipimpin langsung oleh beberapa anggota CSSMoRA sendiri. Dalam senam ini diharapkan anggota yang merasakan lelah semalam bisa kembali memulai hari dengan keadaan yang segar bugar. Kemudian dilanjut dengan sarapan dan penampilan yel-yel dalam tiap kelompok. Dari sini sudah terlihat bagaimana anggota yang mulai mencair dengan yang lain, yang awalnya masih canggung dan kaku kini sudah mulai menampakkan keakraban dan kekompakan di antara para anggota. Gelak canda tawa para anggota mewarnai kegiatan pagi ini. Dinding penghalang sudah tak nampak karena keadaan yang sudah tak membeku.
Kegiatan selanjutnya yakni kegiatan susur sungai yang sebelumnya tiap-tiap kelompok disuguhi dengan permainan-permainan yang telah disediakan pada tiap-tiap pos yang dijaga oleh panitia. Dalam permainan tersebut kekompakkan kelompok sangat dibutuhkan agar dapat menyelesaikan permainan yang diberikan. Kekompakkan inilah yang membuat masing-masing kelompok mencair dengan anggota kelompok tersebut. Selanjutnya yakni kegiatan susur sungai yang sangat dinantikan oleh seluruh anggota. Dalam sungai yang akan dilalui nantinya terdapat beberapa rintangan yang telah disediakan oleh pengelola desa wisata Pulesari. Dalam susur sungai ini bisa dilihat keceriaan dari seluruh anggota, melepas penat pasca UAS yang tak sedikit membuat kegalauan. Meluapkan kegembiraan yang sudah tak bisa dibendung kembali. Layaknya burung yang tak kunjung lepas dari sangkarnya.

Setelah kegiatan susur sungai usai, seluruh anggota dipersilahkan untuk makan siang yang dilanjut dengan membersihkan badan dan istirahat. Kelelahan sudah terbayar dengan luapan kegembiraan diantara seluruh anggota. Benang-benang persaudaraan terjalin di antara seluruh anggota CSSMoRA yang awalnya saling tak kenal kini sudah mulai mengenal dan membina keakraban. Setelah semua rangkaian acara dijalani, menuju acara yang terakhir yakni penutupan dan pembagian hadiah bagi kelompok yang beruntung memenangkannya dan dilanjut dengan perjalanan pulang menuju pesantren masing-masing. Dalam rihlah tahun ini, sesuai tema yang terulas, seluruh anggota diharap untuk menjalin keakraban dalam waktu-waktu berikutnya. Semoga keakraban tidak usai seiring usainya kegiatan rihlah tahun ini. Karena pada dasarnya kita merupakan satu kesatuan dalam naungan yang sama yakni CSSMoRA. (Riz)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar