Sabtu, 17 Februari 2018

CSSMoRA UIN SUKA ADAKAN SEMINAR BEASISWA


             Sabtu (17/02) CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan sebuah acara Seminar Beasiswa dalam rangka Semarak Santri Nasional (SERSANTARA)  ke-10. Acara tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Imdad Komplek II yang terletak di Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Hari ini merupakan hari kedua  dari serangkaian Bakti Sosial dan Festival Budaya 2018 (Baksos & Fesbud)). Sebelumnya pada Jumat (17/2) juga telah dilaksanakan Festival Hadroh.
            Acara yang dimulai pada 12.30 WIB ini diketuai oleh M. Wahyudi yang merupakan anggota aktif CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga tahun 2015. Seminar ini menghadirkan dua orang narasumber yang berpengalaman dalam dunia beasiswa. Narasumber pertama adalah Annas Rolli Muchlisin, Penerima Beasiswa PBSB yang kini menjabat sebagai Ketua CSSMoRA Nasional. Narasumber kedua adalah Afifurrahman Sya’roni, santri PBSB yang kini memperoleh Beasiswa Fresh Graduate Diktis Kemenag RI. Seminar dengan tema “Wujudkan Mimpimu, Lanjutkan Studimu, Raih Beasiswamu" ini sukses digelar. Acara tersebut dihadiri lebih dari 60 peserta dari berbagai kalangan. Hal ini merupakan salah satu bentuk apresiasi masyarakat terhadap terselenggaranya Semarak Santri Nasional (SERSANTARA) ke-10 tahun ini.
            Dalam penjelasannya, Annas mengutip ungkapan Buya HAMKA,Kalau hidup sekedar hidup, maka babi pun hidup. Kalau kerja sekedar kerja, maka kera pun kerja." Hal ini bertujuan untuk memberikan dorongan kepada audien untuk lebih giat dalam belajar dan tentunya lebih bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam bekerja. Begitupun Afif juga menegaskan, “Impian itu sangat luas, semua tergantung pada seberapa besar usaha kita." Dari pemaparan-pemaparan di atas, para peserta seminar merasa termotivasi dan tertarik untuk mengikuti porgram beasiswa.
            Nurdiansyah—salah satu peserta—mengatakan bahwa mengikuti seminar untuk mengetahui jalur beasiswa dan memotivasi agar lebih giat belajar dan bersungguh-sungguh. “Setelah mengikuti acara ini, saya menjadi termotivasi untuk lanjut kuliah dengan jalur beasiswa, saya berharap langkah ini akan terus memberikan motivasi dalam melanjutkan kuliah nantinya”, jawab Nurdiyansyah kepada salah seorang reporter SARUNG. Nurdiansyah sendiri mengaku ingin melanjutkan studinya ke UIN Sunan Kalijaga dengan harapan bisa lulus lewat jalur beasiswa.
            Setelah acara seminar selesai, rangkaian pasar murah sudah menunggu para peserta seminar. Pasar murah yang digelar tepat di lapangan utama Pondok Pesantren Al-Imdad ini menjual berbagai jenis pakaian pria maupun wanita dengan harga yang murah sekali, mulai dari seribu rupiah. Masyarakat sekitar tampak antusias menghadiri acara ini.

            Rentetan acara ini begitu dinikmati tidak hanya oleh para santri, akan tetapi masyarakat sekitar juga ikut mendapat kegembiraan dengan hadirnya acara ini. (Fbr/Rb)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar