Jumat, 16 Februari 2018

SERSANTARA KE-10, CSSMoRA UIN SUKA SELENGGARAKAN FESTIVAL HADROH

SERSANTARA KE-10, 
CSSMoRA UIN SUKA SELENGGARAKAN FESTIVAL HADROH


Bantul, cssmorauinsuka.net—CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka Semarak Santri Nusantara (SERSANTARA) ke-10. Salah satunya adalah Festival Hadroh yang dilaksanakan pada Jum’at (16/2). Acara yang bertempat di Pondok Pesantren Al-Imdad II Pajangan Bantul ini termasuk serangkaian kegiatan “Bakti Sosial dan Festival Budaya 2018 (Baksos & Fesbud).”
Mohammad Nailul Muna selaku koordinator Festival Hadroh menyebut bahwa acara ini merupakan langkah pengenalan budaya. Ia menilai respon masyarakat dan antusiasme peserta sangat baik. Nailul Muna juga menyebutkan beberapa tujuan diselenggarakannya acara ini.
"Pertama, untuk merawat khazanah musik islami di Indonesia. Kedua, untuk menyebarkan nama CSSMoRA. Ketiga, untuk bisa mengabdi kepada masyarakat," tutur Nailul Muna yang juga merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di UIN Sunan Kalijaga.
Sebanyak 25 grup hadroh turut berpartisipasi dalam acara ini. Para peserta yang hadir tampak ramai memadati kompleks Pondok Pesantren Al-Imdad II sejak sore hingga malam. Salah seorang peserta mengaku gembira dengan diadakannya acara ini.
“Untuk meramaikan, terus hobi juga. Kemudian mencari syafaat dengan sholawat. Harapannya diadakan lagi tahun depan, bahkan  tiap tahun,” ungkap Samsuhadi  selaku peserta saat diwawancarai.
Baksos & Fesbud dengan tema "Peran Pemuda dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial dan Pengenalan Budaya" ini juga memiliki beberapa mata acara. Selain Festival Hadroh, acara lain yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Imdad II Pajangan Bantul adalah Seminar Beasiswa serta Sholawat & Pengajian pada Sabtu (17/2). Selanjutnya pada Ahad (18/2) diadakan Donor Darah serta Pasar Murah. Ada juga Lomba Fotografi dengan mengambil objek tempat wisata dan produk lokal Kecamatan Pajangan Bantul.
Muhammad Irfan Faziri selaku Ketua Pelaksana Baksos & Fesbud menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dengan berbagai pihak. Dalam pelaksanaannya CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan CSSMoRA UGM, Ngasah Jiwo (ISI Yogyakarta), PAC IPNU/IPPNU Kecamatan Pajangan, PK IPNU/IPPNU MA Unggulan Al-Imdad, serta Pondok Pesantren Al-Imdad Pajangan Bantul.
"Ini kan karena melihat bagaimana pandangan beberapa masyarakat bahwa mahasiswa hanya berbicara dan bergerak di kampus, tapi nol di masyarakat. Nah, dengan kegiatan ini kita ingin membuktikan bahwa mahasiswa juga turut bergerak di masyarakat. Ketika semua elemen masyarakat dapat bersatu, di situlah semakin bermakna," pungkas Irfan. (Ray)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar