Senin, 19 Maret 2018

Asah Kemampuan Desain, KOMINFO CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Adakan Ngaji Desain Jilid 2


Yogyakarta, Kemarin (18/3) Departemen Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga kembali mengadakan Ngaji Desain. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Ngaji Desain jilid 1 yang telah dilaksanakan pada Ahad (19/11) tahun lalu. Kegiatan yang bersifat wajib bagi anggota aktif angkatan 2017  ini dilaksanakan di Stebi Lama PP al-Muhsin Bantul, DIY.
Kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama satu setengah jam, mulai dari pukul 10.30 WIB hingga sekitar pukul 12.00 WIB. Ngaji Desain kali ini dimoderatori oleh Ahmad Mushawwir, anggota aktif CSSMoRA angkatan 2016 sekaligus sebagai salah satu anggota KOMINFO CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga. Sedangkan pematerinya adalah Deni Setiawan, anggota aktif CSSMoRA angkatan 2015.
Materi yang diberikan adalah tutorial pembuatan pamflet menggunakan Adobe Photoshop. "Untuk membuat pamflet yang bagus, setidaknya ada 3 hal yang harus dikuasai oleh desainer, yaitu memahami warna, menyusun tata letak dan pemilihan font," jelas Deni dalam pembukaan materinya.
Materi disampaikan secara santai, namun tepat dan jelas. Mulai dari hal-hal mendasar yang harus diketahui bagi siapa saja yang ingin bergelut di dunia photoshop, seperti mengatur ukuran lembar kerja, pengenalan terhadap tools, di antaranya: move tool, rectangular marquee tool, eliptical marquee tool, crop tool, eraser tool, dan type tool.   Dijelaskan juga cara mengolah objek dan mendesainya seindah mungkin.
Para peserta sangat antusias dalam kegiatan ini. Walaupun kegiatan ini hanya sebentar, namun ilmunya sangat bermanfaat. Penyampaiannya yang santai dan mudah dicerna sangat membantu peserta, terutama bagi yang belum pernah sama sekali menyentuh dunia desain. "Semoga kedepannya masih diadakan ngaji desain ini untuk melatih dan lebih mematangkan ilmu tentang desain," ujar Wiwin sebagai salah satu peserta dalam kegiatan ini ketika diwawancarai.
"Sebenarnya, berapapun ilmu yang saya berikan hari ini dan apa yang kalian terima pada ngaji desain sebelumnya, sudah cukup untuk bekal dalam mendesain. Asalkan mau serius mempelajari, mencoba dan terus berlatih Insya Allah bisa. Namun sebanyak apapun yang sudah dijelaskan jika tidak dipraktekkan ya sia-sia saja," tutur Deni di akhir kegiatan tersebut. Deni juga memotivasi agar yang hadir dalam kegiatan tersebut mempunyai tekad yang kuat untuk mempelajari desain serta menjadi kader desainer yang akan melanjutkan estafet para senior yang sudah ahli dalam bidang ini dan berguna di kalangan masyarakat, khususnya di dalam lingkungan CSSMoRA. (Rad)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar