Kamis, 29 Maret 2018

Kru Sarung Kembali Adakan Bincang Jurnalistik



Yogyakarta--Rabu (28/03) Kru SARUNG CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga kembali mengadakan Bincang Jurnalistik. Bincang Jurnalistik  yang ketiga ini mengangkat tema “Teknik Wawancara”. Acara yang dimulai pada pukul 16:00 WIB ini diisi oleh M Ridha Basri yang merupakan seorang reporter Majalah Suara Muhammadiyyah. Dia juga merupakan salah satu kru Sarung pada tahun 2014.

            Pembahasan pada bincang kali ini dimulai dengan realita berita masa kini yang lebih cenderung mengedepankan aspek pemuasan pembaca ketimbang objektivitas. Di sini Ridha menjelaskan maraknya berita-berita bias di masyarakat yang mengedepankan kenyamanan pembaca ketimbang kebenaran informasi yang disajikan. Dia juga menegaskan bahwa reporter yang memiliki moral semakin sedikit dan semakin dibutuhkan.
            “Show it! Don’t Tell it” adalah ungkapan yang disampaikan Ridha terkait etika dari seorang reporter. Ungkapan ini menggambarkan bahwa seorang reporter harus menggambarkan suatu kejadian bukan menjelaskan sesuai pandangan dari si reporter. Pada sesi ini sangat ditegaskan bahwa seorang reporter atau penulis berita tidak boleh melakukan interpretasi terhadap suatu kejadian. Hal ini menjadi penting mengingat semakin maraknya berita yang mengandung bias.
            Selain pembahasan mengenai berita yang bias dan intepretasi terhadap suatu kejadian, Ridha juga menjelaskan pentingnya penelitian dalam suatu wawancara. Seorang reporter yang baik haruslah melakukan penelitian terlebih dahulu tentang materi yang akan ia bahas dan sosok narasumber yang akan diwawancarai. Pentingnya mengetahui latar belakang narasumber sangat membantu dalam memahami karakter narasumber untuk  wawancara yang akan dilakukan. Reporter yang baik adalah reporter yang bisa memberikan simpati dan menjaga privasi dari narasumber.
            Bincang Jurnalistik ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama narasumber. Bincang ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas kepenulisan kru maupun kader Sarung. Agenda Bincang Jurnalistik tahun ini akan berakhir pada bincang yang keempat. (Nad/SARUNG)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar