Selasa, 15 Mei 2018

CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Peduli: Aksi Solidaritas dan Doa Bersama untuk Indonesia Damai


Yogyakarta, Minggu (13/5) Sejumlah elemen masyarakat dan ormas-ormas mahasiswa mengadakan sebuah aksi. Aksi ini merupakan bentuk solidaritas dan doa bersama bagi saudara kita setanah air yang ada di Surabaya. Lebih dari 60 elemen  masyarakat yang mengikuti aksi ini, diantaranya Gusdurian Jogja, Forum Jogja Damai, Srikandi Lintas Iman, Young Interfaith Peace Maker Commuity (YIPC), CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga dan lainnya.
Aksi ini berlangsung di Monumen Tugu Yogyakarta yang bertujuan untuk menguatkan kekeluargaan dan kebersamaan. Mukhibullah salah satu tokoh penggerak aksi ini mengatakan “Tujuan aksi ini adalah yang pertama menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa tidak ada agama apapun yang mengajarkan aksi terorisme. Yang kedua bahwa kita takut terhadap aksi teror yang ada. Yang ketiga kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu-membahu membantu menyuarakan aksi terorisme ini”
“Sedangkan untuk pemerintah kita serukan, yang pertama meminta kepada kepolisian Republik Indonesia untuk menemukan dan menindak tegas otak aksi teror yang terjadi di Surabaya. Yang kedua meminta kepada pemerintah khususnya kepolisian untuk memperkuat perlindungan hak konstitusional warga negara dalam segala bentuknya. Yang ketiga meminta pemerintah untuk mewaspadai menguatnya pelemahan kekuatan demokrasi di Indoneisa. Yang keempat memita kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada atas tindakan teror dan tindakan kekerasan serta tidak terpancing untuk membalas tindakan tersebut dengan memanfaatkan sentimen warga bangsa. Yang kelima memperjuangkan kedaulatan hukum dan persamaan hak warga negara adalah hal yang mutlak untuk mewujudkan negara yang adil dan makmur, dan sudah selayaknya bagi setiap warga negara berkonstribusi untuk menjaganya. Yang keenam meminta kepada warga bangsa untuk bersama-sama memperkuat kehidupan masyarakat yang baik dan rukun sehingga ideologi kebencian dan terorisme tidak mendapatkan dukungannya”, lanjut Seknas Gusdurian tersebut.
CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga sebagai organisasi santri penerima beasiswa berprestasi ikut menyatakan solidartas bersama. “Aksi ini memiliki tujuan baik, dan kami sebagai santri sangat perlu untuk membantu menyuarakan aksi ini dengan bergabung ke dalam barisan agar tidak kembali terulang teror yang terjadi”, tutur Nuzul sebagai Ketua CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga periode 2017-2018. (Bhr)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar