Senin, 14 Mei 2018

Kerja Sama dengan CSSMoRA, Kemenag DIY Adakan Acara untuk Mengenal PBSB dan CSSMoRA








Yogyakarta, Minggu (13/5) Bidang  Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementrian Agama DIY mengadakan acara pengenalan bertema Kiat Sukses Menggapai Beasiswa PBSB Tahun 2018”. Dalam acara tersebut, Kemenag, pengurus CSSMoRA Nasional, CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga, dan CSSMoRA UGM bekerja sama dalam satu acara yang dihadiri oleh para santri yang akan mengikuti ujian PBSB tahun 2018 di Yogyakarta.
Acara yang berlangsung di aula Kanwil Kemenag DIY tersebut, dimulai pukul 08:00 WIB dengan dipimpin oleh Febrian Candra Wijaya dan Rania Nurul Rizqia selaku pembawa acara. Diawali dengan pembukaan, lantunan ayat-ayat suci al-Quran oleh Abdy Nur Muhammad, serta sambutan-sambutan.
Faturrahman, Kanwil Kemenag DIY dalam sambutannya mengharapkan, berakar dari acara ini para peserta yang akan mengikuti ujian PBSB selalu semangat, “Kami juga berharap agar jumlah peserta yang lulus di DIY dapat meningkat dibanding tahun sebelumnya.” Ujar Beliau. Melati Ismailia Rafi’i mewakili CSSMoRA mengucapkan terima kasih kepada Kemenag DIY atas amanah yang dipercayakan, sehingga CSSMoRA turut bekerja sama dalam acara tersebut. “Kami sangat berterima kasih atas inovasi Kemenag menyelenggarakan acara ini dan telah mengajak CSSMoRA untuk ikut berpartisipasi.” Tutur Mela.
            Beranjak pada acara inti yakni Talkshow yang dimoderatori oleh Putri Adelia. Talkshow yang mengundang perwakilan CSSMoRA Nasional, CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga, dan CSSMoRA UGM sebagai pemateri ini diisi oleh beberapa sesi.  Sesi pertama yaitu pengenalan seputar PBSB, tips serta kiat mengikuti ujian PBSB yang dibawakan oleh Annas Rolli Muchlisin, Ketua CSSMoRA Nasional periode 2017/2018. “Tak hanya siap materi, fisik pun harus siap, usahakan mengonsumsi makanan yang bergizi sebelum mengikuti ujian.” Ujar Annas sembari menyelingi penjelasannya dengan beberapa humor.
            Berlanjut ke sesi selanjutnya, yaitu pengenalan CSSMoRA oleh Maulana Ihsanul Karim, Dian Aulia Nengrum, dan Ahmad Ramzy Amiruddin sebagai perwakilan dari CSSMoRA Nasional. Diisi dengan pemaparan terkait organisasi, filosofi logo, dan sejarah terbentuknya CSSMoRA. Tak luput pula dengan pemaparan visi dan misi, struktur kepengurusan CSSMoRA Nasional 2018/2019 dan program kerja tiap departemen. Lalu Karim menutup sesi tersebut dengan  menjelaskan beberapa konsekuensi yang harus ditanggung tatkala seseorang telah masuk gerbang di PBSB dan mengajak para peserta bersama-sama menyanyikan Mars CSSMoRA. “Kurang afdhal jika mengenal CSSMoRA tapi tidak mengenal marsnya.” Tutur Karim.
            Sebelum menuju ke sesi terakhir dilakukan Ice Breaking untuk menyegarkan suasana. Moderator meminta perwakilan dari CSSMoRA UIN SUKA, Febrian Candra Wijaya dan Mayola Andika mengajak para peserta untuk menguji kecepatan dan ketepatan.
            Pada sesi terkahir, Muhammad Ridho dari CSSMoRA UGM dan Nur Azka Inayatussahra dari CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga menjelaskan terkait soal tes PBSB yang akan dihadapi para peserta sekaligus memberikan gambaran soalnya. “Tingkat kesulitan soal ujian PBSB ini berada di tengah-tengah antara ujian SBMPTN dan UN.” Ujar Ridho. Acara berakhir sekitar pukul 12:00 WIB, yang ditutup dengan foto bersama pengurus CSSMoRA dan peserta. (Ai)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar