Minggu, 16 September 2018

Tak hanya Teori, tetapi juga Praktik


Bantul, Sabtu (15/9) Departemen Jurnalistik CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga mengadakan pelatihan jurnalistik dengan tema "Raih Mimpi Lewat Literasi". Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Monumen TNI AU ini menghadirkan dua narasumber, Achmad Muchlish Amrin untuk fiksi dan Imron Mustofa untuk non-fiksi. Ketua pelatihan jurnalistik, Fikru Jayyid mengatakan tujuan pelatihan ini untuk mengasah dan membimbing anggota CCSMoRA khususnya angkatan 2018 dan peserta lainnya untuk mengetahui dasar-dasar dan cara menulis yang baik, serta kegiatan ini diselenggarakan berkaitan dengan adanya kaderisasi bagi anggota CSSMoRA 2018.
Pelatihan jurnalistik tersebut dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Acara pembukaan pada kegiatan ini dipimpin oleh Nadyya selaku pembawa acara, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur'an oleh Alief Yundha. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars CSSMoRA yang dipimpin oleh Hasaroh setelahnya. Kemudian sambutan ketua panitia dan wakil ketua CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga yang sekaligus membuka acara tersebut. Penutupan seremomial dipimpin dengan do’a oleh saudara Andi Aqib.
Pada pelatihan jurnalistik ini peserta tidak hanya mendapatkan teori, namun juga mempraktikkannya. Biasanya hal yang paling melekat dalam otak adalah ketika telah mendapatkan suatu teori lalu mempraktikkannya secara langsung tutur Yundha salah  satu  peserta pelatihan jurnalistik.
Kegiatan ini juga diselingi game atau tantangan menyusun puisi bagi para peserta. Masing-masing kelompok menyusun kata hingga menjadi puisi lalu membacakan puisi tersebut di hadapan peserta lainnya. (Vivi)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar