Jumat, 07 Desember 2018

CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Adakan Bedah Buku Sebagai Rangkaian SERSANTARA



Yogyakarta (05/12) CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Bedah Buku “Tafsir Jawa” oleh Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag. sebagai salah satu rangkaian Semarak Santri Nusantara (SERSANTARA) yang ke-11. Kegiatan ini diadakan di Teatrikal Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Acara ini merupakan rangkaian kedua SERSANTARA setelah Sayembara Logo dan Kaos.
            Bedah buku ini dimulai pukul 08:30 - 11:30 WIB. Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari Muhammad Abdul Hanif selaku Ketua Umum SERSANTARA ke-11 dan Dr. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S.Ag., M.Ag. selaku Pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga. Acara ini dihadiri langsung oleh Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag. selaku penulis buku, dan Drs. Muhammad Mansur, M.Ag. sebagai pembedah buku.
            Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag. atau yang kerap dipanggil Abi Mustaqim ini merupakan salah satu pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga. Beliau juga merupakan Ketua Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT). Beliau dikenal sebagai salah satu dosen yang giat menulis. Buku “Tafsir Jawa: Eksposisi Nalar Shufi-Isyari Kiai Soleh Darat Kajian atas Surat al-Fatihah dalam Kitab Faidl al-Rahman” merupakan salah satu karya beliau. Alasan beliau memfokuskan penelitian pada tokoh Kiai Soleh Darat karena beliau merupakan guru dari para kiai di Jawa yang memiliki banyak karya, dan satu-satunya kiai yang memperkenalkan tafsir sufi-isyari. “Dalam menghidupkan tokoh harus ada epistem, sama kayak milih istri gak bisa hanya karena pokoknya suka,” Papar beliau saat menjelaskan alasan memilih Kiai Soleh Darat.
Selanjutnya buku ini dibedah oleh Pak Mansur, salah satu dosen senior Prodi IAT. Berulang kali beliau menjelaskan tentang keistiqomahan Abi Mustaqim dalam corak riset penafsiran. Beliau mengaku bahwa baru mendapatkan buku tadi malam dan harus membedahnya pagi ini. Namun ini ia lakukan sebagai wujud sami’na wa atha’na kepada Abi Mustaqim yang juga seorang kiai. Acara ini kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama panitia.(Nad)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar