Kamis, 04 April 2019

Kasubdit PD Pontren, Basnang Said Kunjungi CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga


Yogyakarta - Selasa (02/04), CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga mendapatkan kunjungan dari Kasubdit PD Pontren, Dr. Basnang Said, S. Ag., M. Ag. Acara ini berlangsung di ruang Smart Room, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. kegiatan ini turut dihadiri oleh ketua pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga, Dr. H. M. Alfatih Suryadilaga, S. Ag., M.Ag. beserta pengelola lainnya, Dr. H. Abdul Mustaqim M. Ag., Dr. Saifudin Zuhri, S.Th. I., MA. dan Dr. Afdawaiza. Adapun tujuan dari kegiatan kunjungan ini adalah untuk bersilaturrahim dan ramah tamah serta motivasi.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 80 mahasiswa penerima PBSB UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan ini dimulai pada pukul 14.15 WIB yang dipimpin oleh Master of Ceremony (MC) Andi Fatihul Faiz Aripai, Mahasiswa PBSB angkatan 2018, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars CSSMoRA. Setelah itu, sambutan-sambutan. Sambutan pertama, disampaikan oleh ketua pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga, Dr. H. M. Alfatih Suryadilaga, S. Ag., M.Ag. Dalam sambutannya beliau merasa bersyukur dan terima kasih atas kunjungan bapak Kasubdit PD Pontren ke UIN Sunan Kalijaga. Selain itu, di sela-sela akhir sambutannya beliau berpesan kepada  para mahasantri PBSB agar membarengi usaha yang maksimal dengan tirakat yang kuat.

Sambutan kedua disampaikan oleh perwakilan Program Studi (Prodi) Ilmu Alquran dan tafsir serta Ilmu Hadis, Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag.  Beliau menuturkan bahwa prestasi dari para mahasantri penerima PBSB terus mengalami peningkatan. Beliau juga menuturkan bahwa tidak sedikit anggota maupun alumni PBSB UIN Sunan Kalijaga yang diterima dalam sejumlah beasiswa jenjang berikutnya. Pun juga terdapat mahasiswa yang lolos dalam beberapa program unggulan seperti SAVIOR. “Tentu ini menjadi prestasi yang membanggakan bagi kita semua” tutur beliau pada akhir sambutannya. Beliau mengatakan bahwa program ini merupakan tabungan Sumber Daya Manusia (SDM) di masa mendatang.

Agenda selanjutnya yaitu ramah tamah dan motivasi oleh bapak Kasubdit PD Pontren yang dimoderatori oleh Muhammad Abdul Hanif, Mahasiswa PBSB angkatan 2016. Di sela-sela motivasi yang disampaikan, beliau menuturkan sejumlah pesan utama bagi seluruh mahasantri PBSB. Pertama, beliau berpesan agar para mahasantri PBSB menguatkan bahasa asing, terutama bahasa Arab dan Inggris.

Selajutnya, beliau juga berpesan agar para mahasantri PBSB belajar mengenai kepemimpinan, “Belajar kepemimpinan, Karena itu nanti akan bermafaat di masa depan kalian” begitu tuturnya. Pesan ketiga, beliau mewanti-wanti agar para mahasantri PBSB memaksimalkan program-program beasiswa yang telah ada, terlebih LPDP. Menurutnya, LPDP adalah lahan bagi para mahasantri untuk terus melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. “Pada dasarnya program itu disediakan untuk para santri” pesannya. Pada akhir motivasi dan pesan yang beliau berikan, beliau mengingatkan agar para mahasantri PBSB terus memegangi nilai-nilai kepesantrenan dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Agenda berikutnya adalah tanya jawab antara mahasantri PBSB dengan Kasubdit PD Pontren. Terdapat sejumlah mahasantri yang menanyakan seputar program kerja, kebijakan dan menyampaikan harapan PBSB ke depan. Acara ini ditutup dengan foto bersama serta mushafahah antara Kasubdit PD Pontren beserta para pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga.(Can/Rem)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar