Friday, November 23, 2018

Mahasiswa CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Ikuti Olimpiade Pecinta Qur’an



     Abdy Nur Muhammad, anggota CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga menjadi delegasi kota asalnya, Jayapura dalam event OPQ (Olimpiade Pecinta Qur’an) tingkat Nasional ke-2 yang diselenggarakan oleh komunitas ODOJ (One Day One Juz). Jenis cabang yang diperlombakan diantaranya: MHQ 3 juz, MHQ 10 juz, tilawah dewasa, dan kaligrafi. Adapun cabang yang ia ikuti adalah MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur’an) 10 juz. Sebelum mengikuti event tingkat nasional ini, Abdy telah meraih juara di tingkat provinsi Jayapura pada bulan Ramadhan lalu.
     Event ini berlangsung selama 4 hari yaitu pada tanggal 15-18 November 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Perlombaan yang diikuti oleh 43 peserta putra dan putri se-Indonesia ini juga menjadi ajang silaturahmi serta mempererat tali persaudaraan dengan sesama muslim pecinta al-Qur’an, tutur Abdy. Ia juga berpesan “bagi siapa saja yang suka ikut lomba, berlatih tidak hanya saat mau lomba saja, berlatihlah setiap hari. Kalau kebetulan ada lomba baru ikut, untuk menguji sampai di mana kemampuan kita”.
      Abdy juga memberikan motivasi apabila ingin mengikuti event perlombaan seperti ini, “kepada para penghafal al-Qur’an agar senantiasa menjaga hafalannya dengan cara sering me-muraja’ah, karena mengulang hafalan merupakan kewajiban. Adapun lomba dan juara adalah bonus” tuturnya.(Arf)

Reactions:

0 comments:

Post a Comment