Saturday, August 24, 2019

Orientasi Mahasiswa Baru PBSB 2019



Yogyakarta, Kamis (15/8) telah dilaksanakan pembukaan Orientasi Mahasiswa Baru PBSB UIN Sunan Kalijaga angkatan ke-13 yang bertempat di Joglo LSQ Ar-Rahmah. Acara tersebut dihadiri oleh pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga, diantaranya Dr. Muhammad Alfatih Suryadilaga, Dr. Saifuddin Zuhri Qudsy S.Th.I., M.A., dan Dr. Afdawaiza, S.Ag., M.Ag.
Orientasi ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada hari Kamis, berlanjut Sabtu dan Minggu (15,17,19/8). Hari pertama diisi penyampaian materi mengenai PBSB dan ke-CSSMoRA-an serta materi seputar prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dan Ilmu Hadis (ILHA). Sebanyak 20 calon mahasiswa  baru PBSB UIN Sunan Kalijaga mengikuti acara ini ; 10 dari prodi IAT dan 10 dari prodi ILHA.
Pada hari kedua, bertepatan tanggal 17 Agustus, diadakan sejumlah games dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan berkompetisi untuk mendapatkan hadiah. Hari ketiga, diisi dengan outbound di Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta. Peserta mengikuti sejumlah games sama seperti hari sebelumnya. Setelah games, peserta mendengar materi seputar CSSMoRA Nasional oleh Muhammad Irkham Maulana sebagai ketua umum CSSMoRA Nasional.
Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan mahasiswa baru kepada CSSMoRA serta menjalin keakraban antar mahasiswa baru dan mahasiswa lama PBSB, tutur Fata Rusdi selaku ketua panitia pelaksanaan orientasi mahasiswa baru pbsb 2019. Kegiatan ini juga memberikan kesan yang sangat mendalam bagi para mahasiswa baru seperti yang dirasakan oleh Trevina Wigianiska “Saya sangat bersyukur atas berjalannya kegiatan orientasi, karena banyak sekali pelajaran dan pengalaman berharga yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut. Kami para maba PBSB dapat bertemu orang-orang hebat yang sangat memotivasi kami. Kegiatan ini juga sebagai wadah untuk para maba agar saling mengenal satu sama lain tidak hanya sebagi suatu komunitas melainkan menjadikan kami sebuah keluarga yang bersatu dalam CSSMoRa UIN SUKA”
Kegiatan orientasi ini secara resmi ditutup oleh Dr. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S.Ag., M.Ag. selaku ketua pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga. Dr. Abdul Mustaqim juga turut menghadiri penutupan kegiatan ini. Berakhirnya kegiatan orientasi ini secara resmi menandakan bahwa para perserta sudah resmi menjadi bagian dari PBSB dan CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga. (Ai/Arf)

Reactions:

0 comments:

Post a Comment