Friday, October 18, 2019

Borneo Undergraduate Academic Forum

Dua Mahasiswa CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Raih Best Paper I dan II dalam 4th BUAF di IAIN Samarinda

Mahasiswa CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga kembali menorehkan prestasi dalam bidang akademik, Anisah Dwi Lestari dan Hani Fazlin berhasil ikut serta dan meraih predikat Best Paper I dan Best Paper II dalam kegiatan 4th BUAF (Borneo Undergraduate Academic Forum) yang diadakan di IAIN Samarinda. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PTKIN yang ada di Kalimantan (IAIN Samarinda, IAIN Palangkaraya, IAIN Pontianak, dan UIN Antasari Banjarmasin) secara bergantian. Adapun tema yang diangkat kegiatan tersebut adalah “Contemporary Islamic Studies and the Globalization in the Millenial Era”.
Kegiatan yang berupa konferensi internasional dan persentasi paper individu ini belangsung selama 3 hari, Minggu-Selasa (13-15/10). Kegiatan ini resmi dibuka oleh Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M. Pd.. Usai perhelatan, kegiatan ini resmi ditutup oleh Dr. M. Abzar, M.Ag., selaku Wakil Rektor III IAIN Samarinda. Tidak hanya Sasa dan Elin, Prof. Dr. Noorhaidi, M.A, M.Phil., turut memeriahkan acara tersebut sebagai narasumber. Selain beliau, juga dihadirkan narasumber lain, yaitu Dr. H. Mujiburrahman, M.A., dari UIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag., dari IAIN Samarainda, dan Dr. Nyi Nyi Kyaw, dari Yusof Ishak Institute, Singapura.
Adapun peserta dalam kegiatan ini ialah seluruh mahasiswa se-Indonesia yang abstraknya telah diterima melalui tahap seleksi sebelumnya. Sasa menjelaskan bahwa peserta kegiatan ini berjumlah 100 orang lebih. Mengenai persiapan dalam pembuatan paper, keduanya sama-sama dapat menyelesaikan sesuai dengan jangka  waktu yang telah ditetapkan. Adapun Sasa mengusung judul “Qira’ah Mubadalah dan Arah Kemajuan Tafsir Adil Gender: Aplikasi Prinsip Resiprositas terhadap Q. S. Ali Imran 14” yang mendapat penghargaan Best Paper I. Sedangkan Elin mengusung judul “Pemahaman Hadis tentang Hoax, dengan menggunakan Hermeneutika Nashr Hamid Abu Zayd” yang juga mendapat penghargaan Best Paper II.
“Ada senangnya karena memang ingin ke Kalimantan, sedih karena Rozi dan Karin tidak dapat mengikuti kegiatan, serta terharu saat best paper 1-2 sub tema kita dipegang sama UIN Sunan Kalijaga. Karena UIN Sunan Kalijaga termasuk pengirim peserta sedikit.” Tutur Elin saat ditanya tentang bagaimana perasaannya saat mengikuti kegiatan tersebut. Tidak hanya itu, Sasa juga mengatakan bahwa sebenarnya terdapat 4 orang delegasi dari CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga, namun dua di antaranya tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut.(EFR)*
*Mahasiswi semester tiga Ilmu Alquran dan Tafsir

Reactions:

0 comments:

Post a Comment