Pengikut

Sabtu, 19 September 2020

Jalani Tradisi sebagai Santri, Pengurus CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Periode 2020/2021 adakan Sowan secara Virtual bersama Pengelola PBSB

CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (19/09)-Badan Pengurus Harian (BPH) melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu, SPP (Silaturahmi ke Pesantren dan Pengelola) atau biasanya disebut sowan. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya untuk menjalin silaturahmi, kerja sama dan hubungan yang baik dengan pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Pesantren Mitra.

Pengurus biasanya mengadakan acara sowan secara langsung dengan mengunjungi rumah pihak terkait. Namun, kondisi new normal tidak menyurutkan semangat pengurus periode 2020/2021 untuk tetap menyelenggarannya meskipun secara virtual via Zoom Meeting. Adapun peserta undangan adalah Koordinator setiap departemen dan Kru Sarung.

Pada pukul 10.30 WIB acara dimulai dengan pemaparan perkenalan pengurus dan program unggulan CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga periode 2020/2021 yang disampaikan oleh Saudara Andi Fatihul Faiz selaku ketua umum. Selanjutnya, penyampaian wejangan atau nasihat dari pengelola yang disampaikan oleh bapak Muhammad  AlFatih Suryadilaga. Sedikitnya ada empat poin pesan beliau.

pertama, CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga harus memanfaatkan masa pandemi untuk maju dikancah internasional dengan kolega-kolega alumni di luar negeri untuk melaksanakan konferensi atau seminar secara virtual. Kedua, perlu adanya kerjasama dengan Prodi, Jurnal Living Hadis, share  di media sosial dan lain sebagainya agar kegiatan CSSMoRA tidak hilang begitu saja. Ketiga, Jangan lupa diri bahwasannya memliki kewajiban yakni menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu. Dan yang terakhir jangan lupa berdoa semoga diberi kesehatan dan pertolongan Allah swt.

“Luluslah secepatnya dan langsung S2, kemudian S3 jangan langsung es-tri”. Guyon beliau melanjutkan wejangannya

Seperti biasanya, para peserta undangan diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pengelola. Acara ini ditutup dengan doa dan diakhiri foto bersama.

“Alhamdulillah sudah terlaksana sowan kepada bapak Al-Fatih Suryadilaga selaku pengelola PBSB UIN Sunan Kalijaga secara virtual melalui aplikasi zoom. Meskipun sowan secara virtual melalui zoom, tetapi tidak mengurangi rasa khidmat kepada beliau. Sowan kepada pengasuh atau pengelola sudah menjadi tradisi kita sebagai santri. Di awal kepengurusan ini kami memperkenalkan pengurus sembari meminta nasihat, masukan, dan doa kepada bapak pengelola dalam satu periode kepengurusan ini diberi kelancaran dan kekuatan dalam menjalankan amanah ini. Banyak sekali nasihat yang kami dapat dari beliau, semoga nasihat-nasihat itu menjadi keberkahan bagi kami semua”. Tutur Yarsa selaku wakil ketua CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga

Sowan yang sama juga dilaksanakan sebelumnya bersama Prof. K.H Abdul Mustaqim pada tanggal 08 September dan Ahmad Mujtaba pada tanggal 14 September selaku pengelola PBSB. Keduanya juga memeberikan wejangan, semangat serta apresiasi kepada pengurus dalam menjalankan program kerja yang hampir keseluruhan dilaksanakan secara online. (Melala)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar