Pengikut

Selasa, 06 Oktober 2020

Adakan Bincang Jurnalistik, Sarung CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Perkuat Budaya Literasi di Masa Pandemi

 

CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (6/10)- Pandemi tidak menyurutkan semangat pengurus CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam menjalankan program kerjanya. Tepat pada tanggal 4-5 Oktober kemarin Departemen Jurnalistik CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga yang dipromotori oleh Redaksi Sarung menyelenggarakan acara Bincang Jurnalistik bagian pertama. Berbeda dengan bincang pada kepengurusan sebelumnya yang hanya diperuntukkan bagi kru maupun kader Sarung. Bincang kali ini mencoba untuk memperluas sasarannya dengan menjaring peserta dari berbagai kalangan.

 “Kegiatan bincang ini bertujuan untuk melatih atau sebagai pembekalan khususnya bagi kru Sarung dalam pembuatan berita, penulisan majalah, buletin dan lain lain agar menjadi sebuah tulisan yang layak untuk diinformasikan kepada masyarakat luas, serta menambah wawasan dan  berbagi pengalaman bersama para narasumber dalam dunia jurnalistik. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan web CSSMoRA UIN SUKA sebagai wadah untuk mempublikasikan tulisan-tulisan dari kalangan santri” tutur melala selaku pemimpin redaksi Sarung. ini merupakan program kerja pertama dari departemen jurnalistik yang dilakukan secara virtual via zoom. Sebanyak 78 orang turut meramaikan kegiatan bincang yang berlangsung melalui aplikasi zoom tersebutt.

 Dengan mengusung tema “ Menghidupkan Literasi di Masa Pandemi”, kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi dengan mengundang dua pemateri yang mumpuni di bidangnya. Sesi pertama yang berlangsung pada hari ahad diisi oleh Muhammadun, Pemimpin Redaksi majalah Bangkit dengan pemaparan materi terkait dengan berita. Di sesi ini beliau memaparkan beberapa kaidah penulisan berita maupun jenis-jenis berita. “Menulis berita adalah mengabadikan sejarah” tutur Muhammadun di sela-sela penyampaian materi. sesi ini pun , berjalan dengan santai dan intensif dengan dimoderatori oleh Hamada hafizu.

Pada sesi kedua yang berlangsung pada Senin, bincang diisi oleh Agus Mulyadi, Pemimpin Redaksi Mojok.co. pada sesi ini beliau memaparkan beberapa materi dalam kepenulisan essay dan opini. Dengan gaya pemaparan beliau yang renyah dan santai, bincang pada sesi ini menjadi lebih cair dan rileks. “ Sudut pandang suatu tulisan tidak selalu berhubungan dengan benar atau salah, bagimanapun caranya kita tidak akan pernah bisa memuaskan para pembaca tulisan kita”, tutur beliau ketika menyampaikan materi. Acara dilanjutkan dengan sesi pertanyaan langsung dari peserta dan ditutup dengan sesi foto bersama. (ar) 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar