Pengikut

Minggu, 20 Februari 2022

Perdana! CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Selenggarakan LSP dan Launching BSO MORAGISTER


    Yogyakarta (20/02), CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan acara Laporan Setengah Periode (LSP), yang merupakan program kerja dari Badan Pengurus Harian (BPH) periode 2021/2022. Acara tersebut berlangsung pada hari Sabtu (19/02) secara hybrid menggunakan zoom meeting dan aula Kanwil Kemenag DIY. Berdasarkan pengakuan dari ketua panitia pelaksana, yaitu Septiana Melala Gayo, dalam sambutannya ia mengatakan bahwa acara tersebut semula akan dilaksanakan secara luring. Namun, menimbang angka penyebaran Covid-19 di wilayah DIY dan sekitarnya semakin melonjak, maka tamu undangan dan panitia yang mengikuti acara tersebut secara offline di Kanwil Kemenag dibatasi hanya sebanyak 26 orang. 

    Tamu undangan yang hadir di aula Kanwil Kemenag DIY adalah perwakilan dari angkatan 2018, alumni CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, demisioner pengurus CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga periode 2020/2021. Sedangkan pengelola PBSB dan beberapa tamu undangan lainnya mengikuti acara tersebut melalui zoom meeting.

    Acara tersebut dimulai pada pukul 08.45 s/d 14.50 WIB. Adapun rangkaian acara tersebut yakni dimulai dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan presentasi dari masing-masing divisi yang berisi ketercapaian program kerja selama setengah periode, dan perencaan yang akan dilaksanakan selama setengah periode ke depan. Acara tersebut memang bertujuan untuk memonitor ketercapaian program kerja, agar data yang didapat bersifat objektif dan terkontrol. Seperti yang dikatakan oleh ketua umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga, saudara Hamada Hafidzu, laporan setengah periode ini adalah sebagai bentuk simulasi acara musyawarah besar (mubes) yang akan dilaksanakan di akhir kepengurusan nanti.

    Selanjutnya, acara tersebut dilanjutkan dengan pelantikan, pembaiatan, dan lauching BSO (Badan Semi Otonom). Nama MORAGISTER digunakan sebagai nama BSO tersebut, yang terdiri dari dua divisi, yaitu Divisi Internal dan Divisi Eksternal. Pelantikan ini merupakan kali pertama diadakan dalam sejarah CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan CSSMoRA Nasional, meskipun BSO ini masih tetap di bawah naungan CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini mengingat bahwa pada Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) periode tahun 2021-2022 ini, Kementerian Agama RI pertama kali membuka PBSB untuk program Magister yang salah-satunya berada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selanjutnya, Kepengurusan BSO ini akan dipegang oleh mahasantri S2 CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam peresmiannya, dilakukan pemotongan pita oleh Ketua BSO MORAGISTER yaitu Tarmiji Umar Sainnuddin Hasibuan S.Pd., didampingi oleh ketua umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu Hamada Hafidzu. Selanjutnya, acara tersebut ditutup dengan doa dan foto bersama.

 

 

Kontributor: Septiana Melala Gayo

0 komentar:

Posting Komentar